SMK Negeri 1 Tanjung Lago Official Site

Address : Jln. Tanjung Api-api Km. 42 Desa Muliasari Kec. Tanjung Lago Kab. Banyuasin Sumatera Selatan | 30960
Phone : +62 811-7209-151 | Email: smkn1tanjunglago@yahoo.com
Detail BERITA

Terobosan Inovasi Ujian Semester Berbasis Android Dilakukan

Terobosan Inovasi Ujian Semester Berbasis Android Dilakukan

30 Desember 2019 Administrator Dibaca : 367 Kali

SMK NEGERI 1 TANJUNG LAGO Melaksanakan Penilaian Akhir Semester Berbasis Web Via Smartphone Andorid & iOS. Sebagai orang yang terlibat langsung dalam dunia pendidikan mencoba belajar dan mengambil hikmah dari masalah yg terjadi saat ini. Perencanaan yg baik, akan mendapatkan hasil yg baik jika rencana tersebut dilaksanakan sebagaimana mestinya. Namun dibalik rencana ada kondisi tertentu diluar kuasa dan pengendalian seseorang. Apapun yg terjadi harus diterima sebagai kenyataan yang baik maupun yang buruk. Kenyataan harus dihadapi, kita boleh bersedih krn masalah dihadapi tapi jangan terlalu terlena dengan masalah tersebut apalagi sibuk mencari kambing ‘kambing hitam’ atau menyalahkan org lain. Saya berpikir lebih baik menyibukkan diri mencari solusi dari masalah tersebut sesuai dengan kapasitas dan kemampuan masing-masing.

Penilaian/assesment berdasarkan kompetensi merupakan suatu proses pengumpulan bukti secara sistematis serta pembuatan keputusan tentang perilaku seseorang terhadap standar kompetensi yang telah ditetapkan. Penilaian sebaiknya saling berhubungan antara keterampilan, pengetahuan dan sikap dan penerapan yang berguna, candidate/peuji harus menunjukkan bahwa mereka kompeten dalam semua tugas,tidak hanya sebagian saja . Penilaian berdasar kompetensi bukan hanya tentang unjuk kerja, pengetahuan dan pemahaman adalah fundamental untuk unjuk kerja dan keperluan untuk dinilai. Assesment dalam pembelajaran adalah suatu proses atau upaya formal pengumpulan informasi yang berkaitan dengan variabel-variabel penting pembelajaran sebagai bahan dalam pengambilan keputusan oleh guru untuk memperbaiki proses dan hasil belajar siswa.

Setelah kita melakukan evaluasi di Smk Negeri 1 Tanjung Lago tersebut menurut saya assesmen itu mempunyai keunggulan dan kelemahan dari siswanya. Ternyata dari satu kelas tersebut banyak kendala-kendalanya juga dalam sisi cara mengerjakanya. Siswa harus benar-benar menjawab dengan benar dan didukung dengan komputer atau Perangkat yang baik. dalam segi penilaian, siswa dapat melihat langsung hasil dari pekerjaanya dari assesmen tersebut. Jadi guru juga harus mempersiapkan sebelumnya terutama soal disiapkan agar tidak terjadi kesalahan kesalahan lagi.

KEUNGGULAN UJIAN BERBASIS WEB VIA ANDROID DARI SISWA TERSEBUT ADALAH:

1. Siswa dapat melihat langsung Hasil ujian.

2. Dapat memberi dampak positif dari siswa atau perkembangan teknologi. 

3. Membiasakan, dan melatih peserta didik untuk berbuat jujur, karena mereka                     dituntut  untuk jujur dan objektif dalam melakukan penilaian.


Kelebihan dalam assesmen ini siswa dapat melihat langsung berapa banyak jawaban yang dikerjakan setelah selesai mengerjakanya dari komputer tersebut. Dan tentunya lebih menghemat kertas karena metode tersebut tidak memerlukan bahan-bahan dari kertas atau LJK. Dalam sistem online tentunya harus connextet dengan internet yang bagus. Dalam membuat soal-soal lebih mudah,tidak perlu menggandakan soal-soal tersebut atau foto kopi.
Dalam assesmen ini siswa akan lebih kesulitan untuk melakukan contek mencontek antar teman, karena soal tersebut diacak. Selain itu meningkatkan motivasi siswa peer assesment melibatakan siswa secara aktif dalam proses penilaian.

2.      KEUNGGULAN DAN UJIAN ONLINE DARI SISI GURU

KEUNGGULAN

Guru bias lebih mudah untuk memberi nilai kepada siswa, guru tidak repot untuk fotocoppy soal untuk ujian siswa, guru tinggal menguploud soal.

Selain itu guru lebih mudah, karena tidak usah mengoreksi, dan langsung keluar nilainya, selain itu juga lebih mudah menganalisis soalnya, karena sudah ada pada servernya, guru hanya mengecek pada server, nilai, data, dan analisisnya lebih mudah.

Tingkat kemurnian nilai ujian juga lebh tinggi, karena jika online tiap computer soalnya bias di acak dan itu mempersulit peserta didik untuk mencontoh jawaban pada temannya.

Dari ujian online juga bias di lihat bahwa peserta didik memamg benar – benar bias atau Cuma mencoba memilih salah satu jawaban untuk uji coba, peserta didik tidak bias mencoba – coba untuk menjawab satu persatu dan mencari yang benar dari jawaban tersebut, karena setiap peserta didik menjawab itu pasti ada nilainya, dan jika menjawab salah lebih dari satu kali nilainya secara otmatis akan dikurangi, dan siswa pasti akan takut dengan hal itu, karena jika siswa terus – terusan mencoba – coba dan jawabannya salah, nilainya akan berkurang terus, dan akhirnya nilainya menjadi sedikit, dan itu berpengaruh dengan nilai raport peserta didik, pasti peserta didik akan takut dan tidak akan mengulangi hal itu, mereka akan berusaha mengerjakan sendiri dengan cara berfikir, tidak asal – asalan mengerjakan.

Guru lebih mudah mengawasi, karena jika di dalam lab kmputer hanya d butuhkan selembar kertas untuk menghitung, jadi peluang untuk mencontoh di buku (ngerpek) sedikit, karena d lab hanyalah boleh membawa selembar kerttas, itupun di buat untuk menghitung jawaban dari soal tersebut.

Guru juga bias sambil belajar teknologi yang lebih canggih, jadi gurunya tidak ketinggalan jaman, dan tidak gaptek. Selain belajar juga bias menmbah pengetahuan tentang teknologi pada jaman sekarang ini, bahwa teknologi pada jaman sekarang jauh berbeda dari dulu, ulangan tidak hanya ulangan tulis saja, tetapi sekarang juga bias ulangan online yang mempermudah guru dan siswanya untuk mengrjakan soal, dan mengoreksi soal. Jadi model assessment menurut saya bagus dan bias memajukan bangsa Indonessia ini.

Kelebihan Ujian online

Dalam konteks pendidikan sekolah ,  bukan hanya mampu membantu tugas-tugas pengurusan dan pentadbiran, tetapi berpotensi sebagai alat untuk mengayakan lagi persekitaran pengajaran dan pembelajaran bagi hampir semua mata pelajaran. Sehinga Aspek teknologi telah digabungkan dalam kurikulum sekolah sebagai satu daya usaha ke arah menyemai dan memupuk minat serta sikap yang positif terhadap perkembangan teknologi.

Budaya persekolahan seharusnya diubah daripada sesuatu yang berdasarkan memori kepada yang berpengetahuan, berpemikiran, kreatif dan penyayang dengan menggunakan teknologi terkini ( KPM, 1997 ). Sehnga  Pencapaian pelajaran dalam peperiksaan akhir menunjukkan peningkatan yang ketara pada suatu lembaga sekolah tersebut.

Nolan dan Martin (1994) menyatakan bahawa pembelajaran dalam suasana baru seperti menggunakan internet di sekolah telah membawa banyak perubahan kepada pelajar. Pelajar didapati lebih mahir membuat kajian dan lebih berfikiran secara kritikal. Walau bagaimanapun jurang perbezaan sosial ekonomi di kalangan pelajar harus diambil kira semasa pendedahan teknologi komputer dan internet diberikan (Bier et. al, 1996).

Sekolah mudah mendentifikasi siswa dan sekolah bisa lebih terkenal pada kalangan masyarakat tentang assement karena masyarakat banyak akan memilih sekolahan yang teknologinya sangat maju meskipun biaya yang dkeluarkan sekolah atau pendidik  tidak sedikit karena teknologi saat ini sangat mahal, dan pihak sekolah mampu mencetak kader – kader yang professional terampil dan berbakat  sehinga mengikuti era pengetahuan saat ini.

Pihak sekolah bisa melakukan penyesuaian kurikulum Sekolah dengan sekolahan yang lebih maju. Kurikulum sifatnya holistik di mana pengetahuan, keterampilan dan nilai (values) diintegrasikan dengan kebutuhan diera informasi ini Kurikulumnya bersifat competency based-curriculum.

Sekolah memudahkan Guru dan siswa dengan menggunakan bahan ajar atau petunjuk belajar yang terstruktur dan terjadwal melalui internet, sehingga keduanya bisa saling menilai sampai berapa jauh bahan ajar dipelajari.Siswa dapat belajar atau me-review bahan ajar setiap saat dan di mana saja kalau diperlukan mengingat bahan ajar tersimpan di komputer.Bila siswa memerlukan tambahan informasi yang berkaitan dengan bahan yang dipelajarinya, ia dapat melakukan akses di internet.Baik guru maupun siswa dapat melakukan diskusi melalui internet yang dapat diikuti dengan jumlah peserta yang banyak, sehingga menambah ilmu pengetahuan dan wawasan yang lebih luas. Berubahnya peran siswa dari biasanya pasif menjadi aktif.

DARI SISI ORANGTUA

KELEBIHAN UJIAN ONLINE DARI SEGI ORANG TUA:

1.      Membuat anak lebih mengenal teknologi

Dengan adanya asesmen secara online dapat membuat anak lebih mengenal teknologi, karena pada asesmen online anak memegang computer secara mandiri. Jadi, kegunaan computer di rumah maupun di sekolah menjadi berguna untuk pembelajaran karena sering anak memegang computer di sekolah maupun di rumah hanya untuk bermain game atau lain sebagainya.

2.      Mengetahui kelemahan dan kelebihan anaknya.

Jika siswa diberi tes online atau asesmen online, maka orang tua tahu bahwa anaknya bisa atau tidak dalam mengerjakan soal karena dalam asesmen online siswa dihadapkan pada computer satu – satu, jadi tiap anak memegang computer sendiri – sendiri dan tidak dapat bertanya kepda teman yang lainnya dalam asesmen online juga ditentukan batas waktu untuk mengerjakan. Selain itu dalam asesmen online juga disediakan dalam bentuk multiple choice, walaupun anak dapat mencoba memilih - milih jawaban yang benar tetapi penskoran terakhir dapat terlihat berapa kali anak menjawab salah dan disitu sudah ada laporan tersendiri, jadi orang tua dapat melihat seberapa kemampuan anaknya.

3.      Mengajarkan anak berbuat jujur

Pada asesmen online peserta yang mengikuti penilaian dihadapkan pada computer sendiri-sendiri dan dikerjakan secara mandiri, peserta tidak dapat mencontek atau bertanya kepada temannya apalagi jika jarak antara computer yang satu dengan yang lain mempunyai jarak yang agak jauh. Selain itu, untuk membuat  anak jujur untuk soal yang menggunakan asesmen online, soal dibuat secara acak, jadi antara peserta yang satu dengan yang lain tidak ada yang bertanya.

4.      Tidak ada kecurangan dari pihak guru

Pada asesmen online pihak guru atau pihak sekolah tidak dapata membantu siswanya dalam mengerjakan soal asesmen dan tidak dapat membuat nilai secara sembarangan karena sering terjadi dari pihak sekolah, mereka member nilai dengan tidak jujur, sering apabila ada siswa yang disenangi atau siswa yang masih saudaranya, guru member nilai lebih terhadap anak tersebut. Tetapi, pada asesmen online ini Setelah anak selesai mengerjakan soal, nilai dari anak tersebut langsung muncul secara otomatis, jadi anak sudah tahu terlebih dahulu mengenai nilainya, jadi guru tidak dapat mengubah nilai tersebut, jika diubah atau guru memberikan nilai yang tidak sesuai dengan apa yang didapatkan anak tersebut maka anak juga akan memprotes gurunya dan terlebih juga oran tua mereka masing – masing.




Masukan Komentar anda

FACEBOOK



BERITA LAINNYA

» Indeks

Jajak Pendapat

Apakah anda menyukai Sekolah ini?




Lihat Hasil